Pages

Sunday, February 28, 2016

Prambanan – Ngawi (jalur alternatif) I



Lewat jalur normal, dari Prambanan ke Ngawi bisa ditempuh mengikuti jalan raya Yogyakarta – Solo. Ikuti saja rambu-rambu penunjuk arah yang ada. Beres. Tetapi kalau ingin menghindari padatnya arus lalu lintas dan ingin berkendara santai, jalur berikut bisa ditempuh. Secara kilometer tentu saja lebih jauh dan memakan waktu lebih lama, tetapi cobalah sesekali, siapa tahu menyenangkan.
Tak lama setelah meninggalkan Prambanan dan selepas SPBU Pandan Simping, sesudah rambu penunjuk jalan ke Wedi, Bayat, dan Gantiwarno Anda akan melihat papan nama Triana di sebelah kanan jalan dari arah Yogyakarta. Ambil kanan untuk menyeberang dan masuk ke jalan tepat di samping toko oleh-oleh Triana.
jalur alternatif Yogyakarta - Ngawi
Rambu penunjuk arah ke Wedi

Jalur alternatif asyik
Jalan ke Wedi

Ikuti jalan itu, tak lama kemudian Anda akan menyeberangi perlintasan kereta api Stasiun Srowot, terus saja ikuti jalan tersebut sampai Pasar Wedi hingga bertemu tugu di pertigaan, ambil kanan, ikuti jalan itu dengan rambu-rambu petunjuk arah yang jelas. 
Jalur alternatif Yogya - Sukoharjo - Karanganyar - Ngawi
Tugu pertigaan Pasar Wedi ambil kanan

Hingga pertigaan dengan rambu-rambu ke Gantiwarno, ambil kiri. Ikuti terus jalan itu, hingga Bayat, terus saja, setelah rambu petunjuk menuju Wonogiri, Anda terus saja sampai Cawas, terus saja sampai bertemu rambu ini.
Jalur alternatif menyenangkan
Rambu penunjuk arah ke Sukorharjo

Ambil jalan menuju Sukoharjo, lurus yang dilalui motor dalam gambar ini.
Jalur alternatif Yogya - Ngawi
Ke Sukoharjo lurus

Sampai di pertigaan tugu Tawangsari, ambil kiri.
Tugu pertigaan Tawangsari

Terus saja ikuti jalan tersebut sampai melewati Pabrik Sritex, begitu sampai di perempatan (agak menceng) dengan lampu pengatur lalu lintas ambil kanan menuju Sukoharjo kota. Selepas alun-alun ada perempatan dengan lampu pengatur lalu lintas, lurus saja, lurus terus pada perempatan berikutnya hingga bertemu penunjuk jalan ke arah Polokarto di Bendosari seperti dalam gambar ini. Ambil kiri ke arah Polokarto.
Jalur alternatif Yogyakarta - Prambanan - Sukohrajo - Karanganyar - Ngawi
Rambu ke Polokarto di Bendosari sebelum Waduk Mulur

Menjelang Pasar Polokarto, ada rambu-rambu penunjuk jalan yang menunjukkan arah kanan ke Matesih sedangkan lurus ke Solo Karanganyar Sragen. Ambil lurus.

Jalur alternatif asyik
Rambu arah Solo Karanganyar Sragen di Polokarto
Terus saja sampai mentok di pertigaan jalan yang membujur timur ke barat, ambil kanan sampai bertemu rambu dalam gambar di bawah:
Jalur alternatif asik
Ambil arah Kebakkramat Sragen

Ambil yang arah Kebakkramat/Sragen. Terus ikuti jalan itu sampai bertemu rambu penunjuk jalan berikut:
Jalur alternatif fun
Lurus saja

Ambil lurus arah Solo Sragen Kebakkramat sampai bertemu perempatan besar Papahan dengan traffic light, tampak pos polisi di seberang, ambil kanan arah ke Kota Karanganyar. Terus saja sampai keluar kota Karanganyar sampai bertemu rambu penunjuk berikut.
Jalur alternatif asik
Rambu ke Ngargoyoso di Karangpandan

Ambil jurusan ngargoyoso



No comments:

Post a Comment