Pages

Sunday, February 21, 2016

Jalur aleternatif Jalan Kaliurang – Prambanan



Dari Yogyakarta ke Prambanan adalah perjalanan yang sangat mudah. Tak perlu dibahas, bahkan membuka google map pun merupakan tindakan berlebihan. Prambanan, yang sebagian wilayahnya berada di Provinsi Jawa Tengah, persis berada di sebelah timur kota Yogyakarta dan dihubungkan oleh jalan raya yang mustahil orang akan tersesat menempuhnya. Tetapi bila Anda datang dari arah Magelang melalui Turi dan enggan lewat Jalan Solo yang kini sering macet bahkan sejak di Ring Road, atau ada kemungkinan akan kerepotan jika bertemu razia polisi lalu lintas yang sering digelar di ruas jalan antara Yogyakarta dan Prambanan, jalur alternatif ini bolehlah dicoba. Ada kalanya perjalanan perlu dinikmati dalam suasana santai.
Jalur alternatif yang lazim saya tempuh adalah Jalan Kaliurang (Jakal) km 9, Pasar Gentan, hingga Prambanan yang sudah masuk wilayah Kabupaten Klaten. Di sebelah utara Pasar Gentan ada jalan ke timur dengan ciri papan penunjuk bertuliskan Desa Wisata Palgading, papan nama Mina Grosir, dan Hotel Purnama V. Masuk dan ikuti jalan tersebut.
jalur alternatif jalan kaliurang - prambanan
Jakal km 9

Ikuti saja jalan aspal ke timur hingga bertemu pertigaan dengan cermin pemantau berikut. Belok kiri, jangan lurus.
jalur alternatif jalan kaliurang -prambanan
Belok kiri, jangan lurus.

Tak jauh dari pertigaan tadi, Anda akan bertemu papan nama Panti Asuhan Sinar Melati ini, ambil kanan.
Jalur alternatif Jalan Kaliurang - Prambanan
Ambil kanan

Ikuti saja jalan aspal utama ini lalu belok kanan jika sudah bertemu tugu ini
Jalur alternatif Jakal km 9 ke Prambanan
Belok kanan di sini.

Lurus saja ikuti jalan tersebut, ke arah timur, hingga bertemu jalan aspalan lebih besar. Ambil kanan.
Jalur alternatif jalan kaliurang ke prambanan
Tengok kiri kanan, lalu ambil kanan.

Tak lama kemudian jalan besar itu membelok ke kiri di pertigaan, ikuti saja, selepas papan SD Kanisius Babadan ada tugu ini:
Jalur alternatif Jakal ke Prambanan
Di pertigaan dengan tugu ini ambil kiri

Di pertigaan dengan tugu di tengah jalan itu, ambil kiri. Terus saja sampai jalan utama itu membelok ke Cangkringan via Besi, tetapi Anda jangan belok, lurus saja ikuti jalan lebih kecil yang dilewati motor di gambar berikut:
Jakal km 9 ke Prambanan
Kiri ke Cangkringan, ke Prambanan lurus saja

Jalur alternatif jalan kaliurang ke prambanan
Memang lebih kecil, tapi ini yang ke Prambanan

Ikuti jalan itu, yang tak lama kemudian berbelok ke kanan, sampai pertigaan ambil kiri, biasanya kalau siang di pertigaan itu ada yang berjualan dawet. Jangan ambil yang lurus, nanti malah muter-muter di jalanan yang mirip labirin :D
Jalur alternatif jalan kaliurang ke prambanan
Kiri, jangan lurus.

Setelah bertemu papan penunjuk UGD di kiri jalan, kurangi kecepatan karena ada perempatan. Seberangi perempatan dengan tugu di tengah itu dan lurus saja ke timur.
Jalur alternatif dari jalan kaliurang ke prambanan
Papan penunjuk UGD ini biarkan saja, lurus saja.

Ketika terlihat papan nama UGD RS Haji lagi di pertigaan, ambil kiri. Ambil jalan yang baru saja dilewati pengendara motor matic dalam gambar ini.
Jalur alternatif dari Jalan Kaliurang ke Prambanan
Ambil kiri di pertigaan ini

Terus ikuti jalan itu hingga tak lama kemudian bertemu papan petunjuk jalan ke kanan menuju Prambanan, ke kiri ke Kaliurang dan Megelang.
Jalur alternatif dari Jalan Kaliurang ke Prambanan
Rambu-rambu arah ke Prambanan

Kurangi kecepatan. Begitu tampak tugu di perempatan dalam gambar di bawah, ambil kanan.
Jalur alternatif dari jakal ke prambanan
Di tugu ini ambil kanan

Ikuti saja petunjuk arah yang ada, ambil yang menuju Solo (Jalur Alternatif):
Jalur alternatif Jalan Kaliurang - Prambanan
Ambil arah Solo

Ikuti jalan tersebut hingga bertemu tugu kecil di perempatan dalam gambar di bawah. Ambil kanan.
Prambanan
Ambil kanan


Tak lama kemudian Anda jumpai jalan bercabang. Terserah mau ambil yang mana. Yang lurus menuju pertigaan lampu lalu lintas pos polisi sebelah timur Candi Prambanan, yang ke kiri menuju perempatan lampu merah arah Stasiun Brambanan, perempatan yang mungkin sering Anda lewati itu ditandai dengan papan penunjuk menuju Samsat Pembantu Prambanan,
Prambanan, Klaten
Di percabangan ini Anda boleh belok kiri boleh juga lurus

Kalau ambil jalan ke kiri, akan Anda jumpai jalan dalam gambar di bawah, lurus saja, jalan itu sampai ke jalan menuju perempatan yang disebut di atas. Begitu sampai jalan pertama yang Anda temui, di samping Samsat Prambanan, ambil kanan. Sampailah Anda di Jalan Solo.
 
Prambanan, Klaten
Lurus saja
Selamat mencoba jalur alternatif yang relatif lebih pendek dibanding melewati jalan utama (kalau berangkat dari Jakal km atas). Jika ragu-ragu, jangan segan-segan bertanya kepada warga setempat. Sebaiknya matikan mesin dan turun dari kendaraan ketika bertanya.


No comments:

Post a Comment