Pages

Wednesday, March 23, 2016

Kematian Hitam


cerita sangat pendek terjemahan Black Death
Kematian Hitam


Akulah pengembara, jiwa resah yang dikutuk berjalan dari tempat ke tempat dan dari tubuh ke tubuh tak henti-henti. Jiwaku bisa terbelah sedemikian simetris hingga Kematian sekalipun tak mampu membantunya melewati garis antara hidup dan mati.
Dewa-dewa dalam kebijaksanaan ironis mereka menyuratkanku menanggung banyak nista.
Di abad ke-20 saja jiwa lelahku berdiam dalam diri gundik ogah-ogahan yang sedang digempur hasrat cinta seorang pembual Flemish paruh baya.
Dan jiwa yang sama ini terkurung dalam tubuh disiksa seorang pilot muda di sebuah kamp tawanan perang.
Aku pun pernah dilontarkan dari tubuh sekarat pria terhormat penemu meditasi ampuh Zen ke tubuh pemuda berjerawat yang reputasi menjulangnya adalah pelempar kue panekuk tertinggi di kedai setempat.
Di masa-masa sebelumnya jiwaku mendiami berbagai kepribadian seorang gladiator Romawi, seorang pigmi dan penyanyi keliling Abad Pertengahan. Aku terperangkap dalam diri perempuan buruk rupa yang duduk merajut di kaki guillotine sewaktu dia menonton pemenggalan kepala artistokrat Prancis. Aku menjani kehidupan mengapteni sebuah kapal perompak, di mana aku memerintahkan awak kapal jorok yang membangkang meniti papan mencebur ke laut atau diseret di bawah lunas kapal.
Beban gaya hidup beraneka macam itu menciutkan nyaliku. Kalau ada pelajaran yang harus dipetik, rasanya tak ada yang bisa kupetik. Karena itulah, saat aku terbaring di ranjang kematian lagi ini, kembali aku memohon kepada Maut Hitam agar memutus siklus ini.

Dari: Black Death by Brenda Ross
Sumber gambar:
http://science.nationalgeographic.com/science/health-and-human-body/human-diseases/plague-article/

No comments:

Post a Comment